gtag UA-154911633-1

thanks

Note

DARI SINI KITA MULAI SALING KENAL UNTUK KEDEPAN YANG LEBIH BAIK, TIDAK ADA YANG SEMPURNA DALAM HAL APAPUN, TETAP SEMANGAT SEPERTI BIASANYA ++ Daftar Printer Yang Bisa DI Reset Jarak Jauh ++ Canon G1000, G2000, Canon G3000, G4000 Canon MX397, MX457, MX497 Canon MX 377, MX537 Canon ix6550, ix6770, ip7270 Canon MG3570, MG3670, MG4270, Canon MG5570, MG5670 Canon E510, E610 Canon iP2770, MP287, Canon MP258, MP237 Epson L120, L220, L310, Epson L360, L365 Epson L110, L210, L300, Epson L350, L355, L550 Epson L1300, L1800 Epson L380, l385, l485 Epson L455, L565, L656 Epson L800, L805, L850 Epson SP1390, T1100, WF7511 Epson M100, M200 Epson ME 620F, 960FWD, 900FWD Epson TX300F, T60, T50 Epson K100, K200, K300 Epson PM235, PM245 Epson XP-30, XP-102, XP-202, XP-402 Epson ME-10, ME-301

Rabu, 25 Desember 2019

Aplikasi Kasir SULTAN POS



Minimarket POS : Sultan POS

Berlatar belakang karena seringnya mendapatkan pertanyaan dari temen “ada aplikasi POS minimarket gratis yang bagus apa ya, di internet jarang yang gratis”. Dan juga ketika saya berbalanja di toko-toko swalayan di beberapa tempat, mereka masih menggunakan sistem jadul yaitu DOS dan juga Windows XP. Rata-rata komputer yang mereka gunakan tergolong tua, mungkin itu alasan mereka menggunakan DOS dan XP.
Dari cerita diatas akhirnya sayapun terpikir untuk membuat satu software POS minimarket yang jalan di atas sistem operasi yang up to date yaitu GNU/Linux. Dan software saya buat dengan menggunakan bahasa C++ dengan framework Qt. Kenapa menggunakan C++ dan Qt adalah karena pilihan inilah yang paling tepat jika saya ingin menginginkan performa yang bagus pada hardware2 tua. Selain pada hardware tua, saya juga memiliki target untuk menjalankan software tersebut pada komputer murah yaitu Raspberry Pi.
Karena beberapa toko yang belum miliki software akan merasa keberatan jika harus membeli CPU baru (rata2 > 1,5jt) dan belum lagi berapa besar listrik yang harus dibayar untuk menghidupkan CPU tersebut seharian. Dengan Raspberry setidaknya dapat mengurangi harga CPU dan juga mengurangi tagihan listrik jika dibandingkan menggunakan CPU conventional.
Dan untuk database saya menggunakan SQLite dan MySQL, nanti pengguna dapat memilih sendiri mana yang akan digunakan. Jika untuk scala toko kecil (banyak item < 5000) maka SQLite sudah cukup. Namun jika item di atas itu, disarankan untuk menggunakan MySQL.
Software tersebut saya kasih nama Sultan POS dan dapat di lihat pada repo github di https://github.com/apinprastya/sultan. Atau bisa download binarynya disini : download
Sebagai bahan review saya mencoba menjalankan software saya ke Raspberry. Silakan check videonya disini.
Pada saat ini software masih dalam pengembangan dan sampai saat ini status dari project sudah saya bilang 90% dari target feature awal.
Untuk saat ini saya belum menyediakan versi binary yang siap pakai untuk di download karena software belum 100%. Mungkin beberapa minggu lagi akan saya rampungkan. Kedepannya saya akan menyediakan download binary untuk platform berikut :
  1. Windows 32bit. Berupa file installer.
  2. Raspberry rev 1. Berupa image OS (*.img).
  3. Raspberry rev 2. (Saat ini saya tidak punya device, mungkin nanti ada yang meminjamkan :D, jadi bisa saya buat untuk image nya).
  4. Raspberry rev 3. Sama dengan Raspberry rev 2.
  5. LiveCD linux 32 bit. Minimal software, kemungkinan hanya terinstall Sultan POS dan library pendukungnya.
Untuk yang berplatform di luar tersebut, dapat melakukan compile sendiri dari source yang bebas di download dari github.
Semoga proyek FOSS saya ini dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan. Kiranya ada masukan atau saran saya akan senang hati menerima. Dan kiranya ada donasi saya juga menerima dengan senang hati.
Saya juga sangat senang hati menerima jika ada yang membantu meminjamkan alat-alat yang tentunya berkaitan dengan minimarket seperti : barcode scanner, printer POS, printer Zebra, scale, device touch screen, raspberry 2, raspberry 3, beaglebone, dll untuk mengembangkan software saya lebih modern lagi.
Saya juga mengharap bantuan teman-teman untuk mengerjakan project ini, bantuan dapat sebagai programmer, tester, designer, art, documentation, tutorial, remastering linux (baik untuk raspberry atau untuk PC). Dan jika tidak dapat menjadi salah satu dari itu, membantu menyebarkan tentang software ini juga sudah sangat membantu saya. Terima kasih sebelumnya….
Mau kirim bantuan langsung saja email ke saya di apin.klas@gmail.com. Untuk tester report bug atau request feature baru bisa langsung ke github.

80 thoughts on “Minimarket POS : Sultan POS”

  1. MdarulM
    Ntaps lek. Owh make C++ dan QT itu bisa jalan di spek yang kecil ya. Pilihan agar bisa dijalankan di mini PC kayak raspberry emang mantap lek. Dibandinkan dg beli CPU memang listriknya gede. Kebanyakan toko kelontong yang jadi target market sultan pos. Paling juga pakai listrik 900 VA atau 1200 VA. Nah kan sekarang juga lagi rame 900 VA subsidi listrik dicabut. Makanya mengurangi biaya tagihan listrik ini dg SULTAN POS. Sudah bisa jadi salah satu efisiensi….mantap lek?
    Wah jadi pingin main ke jogja lek
    Reply
  2. Michael ferry
    Gan kok saya mau test print tidak bisa ya ? saya coba print ke PDF dgn printer pdf juga ga bisa, saya lagi test printnya, dan tab setting untuk printer hanya ada pilihan spool printer, ga bisa diganti usb atau device.
    klo boleh minta kontaknya gan biar bisa tanya2 lg, thanks
    Reply
      1. Benjaz
        Tapi mantap gan saya baru nyoba software open source gini tapi top markotop dan untuk tambahan nya mungkin yambahan di level pelanggan mungkin yaaa untuk pembagian kelas harga pelanggan.. dan terimakasih sekarang toko klontong saya pake SULTAN POSS!!
        Reply
  3. Gibran
    saya coba instal Raspberry dari situs sultan.lekapin.com, hanya sampai di peringatan setting mesin cashier, setelah itu tidak muncul apa-apa lagi, kira-kira kesalahan dimana ya pak?
    Reply
      1. karunia
        apakah di raspberry bisa pake mysql?atau di raspberry harus instal jg mysql mohon pencerahannya. krn item barang transaksi di atas 5000
        Reply
        1. apin Post author
          Harus install mysql sendiri di raspberrynya. Tapi sebenernya kalau masih 5rban pakai sqlite juga mamput, itu pakai mysql kalau dipakai sama banyak client.
          Reply
  4. ucus
    Luar biasa, toko kecil kami pencatatannya jadi auditable. Mantap. semoga ilmu nya berkah. request feature. pembayaran pembelian bisa parsial. seperti pembayaran penjualan.
    Reply
    1. apin Post author
      terima kasih sudah menggunakan sultan pos. untuk saran akan kami pertimbangkan untuk di implementasi ketika saya sudah ada waktu kosong.
      Reply
  5. Annisa
    Mas, mau tanya donk.. kan di item itu ada barang dalam bentuk box/dus yang nge link sama barang per pcs nya. Nah kalau pelanggan beli 1 box/dus itu kok di print struknya suka keluar 2 item ya yg per pcs dan dus walaupun totalan harganya tetep 1 item.. kadang2 harus jelasin ke pelanggan dulu..
    contoh kasuh, pelanggan saya beli 1 dus mie, di struknya terltulis :
    —————————————
    Indomie Goreng Dus
    1 x 86.000 86.000
    Indomie Goreng
    40 x 86.000 86.000
    —————————————
    Total 86.000
    Nah, bisa ngga mas klo yg tertulis di struk hanya yang Indomie Goreng Dus aja?? saya cari di settingan blm ketemu..
    Btw, makasih loooh, aplikasinya membantu sekali…. sukses terusssss yaaaah…
    Reply
    1. apin Post author
      Untuk saat ini masih belum bisa, kedepannya akan saya perbaiki lagi. Terima kasih sudah pakai Sultan POS
      Reply
        1. apin Post author
          Di setting printer cari aja gan. dan jangan login pakai user sultan, bikin user baru lagi. Soalnya nama user yang melakukan transaksi juga bakalan di print di struknya.
          Reply
  6. ancha
    Halo mas.sy barusan coba instal di win7 , semua berjalan lancar..cmn pas scan barcode..data produk gak muncul..sy coba masukin data manual juga gak bisa mas…itu gmn ya solusinya??
    Reply
  7. indra
    Untuk raspberry driver printer apa harus install driver juga ya.. Mas..mohon pencerahanya..trima kasih sangat bermanfaat..
    Reply
    1. indra
      Saya sdh pake sqlite,tp setelah pemakaian lama,item juga bertambah banyak dan ternyata sdh full,bgmna utk migrasi atau ditransfer ke mysql databasenya,mohon pencerahannya…trima kasih…
      Reply
  8. indra
    Mohon pencerahannya..kalo untuk raspberry printer drivernya gimana mas..apa harus diinstal juga atau gimana? Maaf belum begitu faham di raspberry…trima kasih
    Reply
  9. affan
    piutang pelanggan koq tidak bisa di print terima kasih sebelumnya trus print struk klo item nya link ke item lain semua itemnya di print semua, terima kasih
    Reply
  10. Surya
    Untuk banyaknya digit pada barcode bisa ditambahin gan kan banyak item barcode nya lebih dari 10 digit kebanyakan 13-15 digit
    Reply
  11. Widian
    Mas software nya koq gratis
    Yg saya tau lainnya itu bayar
    Hingga 1,5 jt atau lebih
    Aku jadi bingung untuk memakainya
    Jangan2 ditengah jalan harus ada registrasi
    Tolong penjelassannya
    Reply
    1. apin Post author
      Software saya open source jadi 100% free, source codenya juga ada kalau mau ngedit sendiri juga bisa, jadi enggak mungkin di tengah jalan ada registrasinya.
      Reply
  12. fidibsp
    abang punya IG gak?
    bang kalau database sewaktu waktu mau saya ubah dari sql lite menjadi mysql bisa gak bang?
    Reply
  13. Mohamad Nur
    Saya mau input data, tetapi ada tulisan database full. Padahal saya baru input 100 items. Bagaimana solusinya?
    Reply
  14. Awan
    Mas klo mau pake yang portable, utk lihat file database nya dimana ya? Apa harus buat dl foldernya pas di settingan masuk pertama kali itu?
    Makasih
    Reply
  15. awan
    bang saya mau tanya, klo pake yg portable utk database nya di simpan dgn nama apa ya? trus klo lupa login liatnya dimana utk yg portable?
    makasih
    Reply
  16. karunia
    salam hormat kak apin. knapa ya sy instal di raspberry pakai terminal sesuai petunjuk instalasi namun tidak muncul perintah sudo isi pasword. dan langsung muncul YES. setelah selesai intalasinya di pindahkan SD cardnya namun tdk bisa terbaca. selanjutnya sy coba partisi gparted di raspi sy dan setelah itu instal di eitcher namun masih belum bisa jg mohon pencerahannya kak. kalau boleh balas pesan saya di email sy kak. terima kasih bantuannya
    Reply
      1. Karunia disatra
        Sudah sesuai kak Apin. Semua sesuai panduan instalasi di YouTube namun menginstalnya menggunakan perintah di terminal Linux yg ada di rasberry saya. Apakah harus di install melalui Linux di laptop atau Linux di pc. Ya kak mohon bantuannya
        Reply
      2. karunia
        Iya kak Apin sesuai petunjuk namun sy install melalui Linux di rasberry Pi 3 saya. Apakah harus di Linux PC atau Linux laptop ya kak
        Reply
  17. meldyiam
    Mas Apin
    Saya ucapkan terimakasih banyak telah membuat Aplikasi gratisan dan di berikan open source juga. meskipun saya belum mengerti bahasa pemograman.
    mohon bantuannya mas saya sudah berkotak atik dengan aplikasi sultan POS ini selama 2 bulan lebih. dan sudah mencoba kepada 5 komputer : 3 Lapotp dan 2 PC.
    Setelah saya seting dan input data dan perbaikan disana sini.
    masalahanya adalah
    +tiba tiba saja sultan POS ini
    ada di beberapa komputer saya tidak bisa berjalan kembali…
    – saat saya sudah coba otak atik pelayanan (alias demo saya pribadi agar saya paham dengan programnya)
    -lalu di delete programnya… atau data base dan savenya di delete. Saat mulai baru.. tiba aplikasi tidak mau berjalan alias error or not respon (Sudah saya otak atik dari program program pendukungnya)
    kenapa ya..?
    +saat perbaikan data lalu meninput nama yang sama tidak bisa di input alias tidak bisa double namanya walau aslinya namanya tidak double. melainkan contohnya saya input data nama pengguna “ilham” lalu saya delete ada kesalahan. Lalu saya input lagi dengan nama “ilham” dan data2 lainya sama gagal selalu alias tidak bisa di input dengan nama yang sama.
    +Reset database menu pernah saya coba tapi seperti tidak ada perubahan… (data data yang sudah pernah saya input dan ada laporanya tidak kehapus alias ke reset ke setingan awal saat kita meninstal pertama kali Sultan POS atau maksud saya setingan pabrik)
    Maaf bukan saya gimana gimana kepada mas Apin dan programnya..
    saya ucapkan syukur Alhamdullilah telah menciptakan program ini. Saya selaku perwakilan dari orang yang menggunakan di tempat Kami (Yayasan pondok pesantren Minhaajurrosyidiin) mengucapkan banyak terimakasih telah terbantu dengan program ini.
    Kami mau menggunakan program ni di koperasi di pesantren kami… Bolehkan kami minta Kontak yang bisa di hubungi ke mas Apin.
    Alhamdullilah program ini bisa membawa berkah barokah pahala buat mas Apin karna kami ingin menggunakan dalam pesantren kami.. ^_^
    mohon bantuanya…
    (Koperasi kami benar2 sangat manual sekali masih dalam pembukuan tulis tangan yang dimana orang yang melayani juga tenaganya sedikit hanya 3 orang dan pelangganya banyak. Kami sudah ketar ketir.. mohon dibantu mas Apin)
    Reply
  18. Karunia disatra
    Kak apin mau nanya kalau diinstal di rasberry pi 3+ memang gak bisa ya soalnya sy beberapa kali mencobanya namun selalu gagal. Apakah harus menggunakan tipe raspberry pi tipe apa. Mohon pencerahannya
    Reply
  19. Mahendra
    Pak, bagaimana caranya untuk masuk ke dalam database SQLite ataupun MySQL nya? Mohon instruksinya.
    Pada menu Laporan – Transaksi, fitur Update dan Delete nya kenapa tidak bisa berfungsi ?
    Reply
    1. apin Post author
      Transaksi penjualan tidak bisa dihapus, hanya bisa di retur.
      Untuk database SQLite silakan check di youtube dengan judul “Sultan POS reset database”
      Reply
  20. widi
    Cara mengganti urutan tampilan printer gmn ya? Saya mau Logo(nama toko alamat) di print setelah Harga. Jadi kertasnya pas di sobek posisi total bayar kembalian tidak kepotong. mkasih
    Reply
  21. dani subandi
    mas, saya ada pertanyaan dibagian solditems dan sudah saya email permasalahanya, mohon dibantu ya mas, terimakasih banyak mas
    Reply
  22. Agus wirawan
    Aplikasi sultan saya rusak, gak bisa di kliik menu nya,, bisa bantu saya bagaimana cara memperbaikinya?
    Reply
  23. anjar
    Sore mas, salam kenal, saya pake sultan untuk windows 7 64 bit, untuk di setting printer 2 kali bagaimana ya. atau gak dari penjualan bisa di print kembali seperti struk pertama, terima kasih mas
    Reply
    1. apin Post author
      reset database saja tapi akan menghapus semua data. silakan check di youtube channel saya nanti ada cara untuk reset database
      Reply
  24. Rafi
    Mas Apin.sblnya terima kasih atas aplikasinya..
    Saya ada kesulitan saat mencoba pake raspbery saat seting database mysql disultan pos muncuk error driver not loaded.padahal saya cek utk mysql apachenya udah nyala semua.apa yg salah ya mas?
    Reply
=====================================================================
Terima kasih semoga bermanfaat dan bisa membantu 
good jobs 

2 komentar:

  1. Mas, maaf mau tanya.. Kalau untuk pembayaran ke supplier tapi cuma bayar sebagian z bisa ga? soalny sdh sy kotak katik, tp pilihan pembayaranny hrs full..

    BalasHapus
  2. Mas. Di harga ada harga 1 harga 2 dst... kl Beli 2 free 1 bisa gak yah mas

    BalasHapus

Cari Blog Ini

POSTINGAN POPULAR

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Wikipedia

Hasil penelusuran

Featured Post

Driver and Bios Laptop Acer Aspire3 A314_31 series

Driver and Bios Laptop Acer Aspire3 A314_31 series By : Agus lh / lhagus813@gmail.com     Pada kesempatan kali ini langsung saja ...